Sunday, February 5, 2012

Hong Kong - Shen Zhen - Macau - Hong Kong: Day 1/2

17 - 18 Desember 2011

Berangkat dengan pesawat garuda sore hari ini harus tertunda nich, hampir 1 jam penyebab pastinya saya juga ngga tahu, yang pasti pas sampe di ruang tunggu di beri tahu klo akan terlambat sekitar 30 menit, trus di dalam pesawat juga harus nunggu lama banget sebelum pesawatnya bergerak. Jadi sekitar jam 6 dech baru pesawat itu bergerak.

Jam 11.30 malam baru kita keluar dari Imigrasi Hongkong dan sesuai rencana kita akan bermalam di bandara dulu saja mengingat sudah tengah malam dan klo sewa hotel khan berasa mahalnya gitu trus cuma buat tidur beberapa jam saja.
Ternyata banyak juga lho yang bermalam di Bandara ini, kami juga memilih tempat dan tidur di bangku panjang, tadinya sempat ke area departure hall, namun tempat di sana sudah penuh dan tidak dapat tempat lagi, jadi akhirnya turun lagi di lt 5 area arrive hall tepatnya di depan pintu masuk ke MTR yang sudah di tutup dengan rolling door besar.

Jam 6 pagi waktu Hong Kong orang lalu lalang sudah ramai, dan yang pasti udara sangat dingin sehingga sangat di sarankan harus menggunakan jaket / selimut klo ngga pake itu rasanya sulit untuk tertidur. Kamar kecil di Bandar bersih namun berbeda dengan yang di Singapore, di sini tidak ada shower untuk mandi yang gratis, klo bayar mahal juga lagian cuma diberikan waktu 1 jam dengan biaya 300 $HK. Jadi akirnya kami cuma cuci muka dan sikat gigi saja.

Menjelang jam 7 an baru kita beranjak ke MRT untuk menuju ke hotel, setelah sebelumya beli tiket Octopus card dengan system paket senilai 300 HKD, yaitu tiket untuk dari / ke airport 2 way, yang berlaku selama 1 bulan, dan unlimited naik MTR yang berlaku selama 3 hari saja. Klo mau naik bus / ferry harus top up lagi. Jadi yang unlimited hanya MTR saja.

Sampai di Northpoint station ke hotel tidak terlalu jauh sich, kami menginap di Ibis Northpoint hotel. Sepanjang jalan sempat mengamati tempat makan pagi yang menarik dan juga toko – toko kelontong. Sampai di hotel cuma drop bagasi saja karena masih terlalu pagi untuk check in, setelah itu kita makan pagi di salah satu sudut jalan hotel ke arah MTR. Dari sejumlah makanan yang kita coba, hanya siomay saja yang rasanya cocok di lidah, sementara soup dan bakmi….hmmmm….rasanya aneh tuch.

Hari ini rencananya mau ke Victoria Park / Peak, namun petunjuk jalan yang saya bawa koq kurang lengkap sehingga agak bingung dan saat tanya katanya saya harus menuju ke admiralty station dan nanti dari sana naik bus 15 menuju ke Peak. Sebenarnya ini salah / tidak sesuai dengan rencana semula yang mau naiik tram. Jadi klo naik tram harusnya turun di central (1 station lagi setelah admiralty) dan nanti dari sana baru naik tram yang langsung menuju ke Peak.
Di Peak anak2 main ke Madame Tussou, sekitar 1.5 jam dach di dalam, dan makanan juga cukup banyak seperti bakso dan siomay juga. Maklum dach bawanya anak - anak dan perempuan jadi maunya cari camilan melulu.
Pulangnya kita baru naik tram, dan ternyata bayar dengan octopus card juga bisa, dan turun di bawah baru kita jalan kaki menuju ke central station. Apa dikata ternyata petunjuknya tidak terlalu jelas, dan kembali harus tanya ke orang walaupun di arahkan menuju ke central tapi kita masuk2 ke park, dan sempat foto2 di sana, malah saat keluar ternyata lebih dekat di Admiralty station tuch.

Sampai di hotel rasanya badan capek bener, dan plan nya hanya mau tidur sebentar trus mau jalan – jalan lagi tapi ternyata kamar di hotel yang juga sangat kecil sekali itu kami tertidur dan baru terbangun tengah malam, jadi batal dach mau jalan – jalan lagi dan memilih untuk melanjutkan tidur saja. Anak – anak yang tidur di kamar sebelah juga rasanya tertidur tuch karena ngga ada suara dan membangunkan kami.