Sunday, February 5, 2012

Hong Kong - Shen Zhen - Macau - Hong Kong: Day 6

22 Desember 2011

Rencananya sich pagi – pagi ingin jalan ke Shenzhen dan sudah bangun namun seperti biasanya dengan membawa anak kecil dan harus mempersiapkan segala segala sesuatu akhirnya baru bisa keluar dari hotel sekitar jam 10 an dach. Karena hotelnya sudah di depan Northpoint Ferry Pier tinggal nyebrang dan tunggu sebentar akhirnya kita sampai di Hung Horm Ferry Pier dan biaya nyebrang itu per orang HK$ 2

Ternyata jalan dari Hung Horm Ferry Pier ini ke MTR lumayan jauh lho, jadi keluar dari port belok kiri dan menyusuri jalan hingga ketemu ujung yang satunya dari Avenue of Star trus maju dikit lagi keluar dari kawasan itu dan susuri jalan trus masuk ke building / mall baru nanti ketemu sama Hung Horm MTR stationnya. Rasanya klo jalan ada sekitar 1.5 km dach, namun menjadi tidak berasa jauh karena hawanya sejuk dan ada juga yang berolahraga pagi dengan berlari – lari di area Avenue of Star tersebut.

Di Hung Horn MTR station ini kita top up dulu octopus cardnya karena lebih murah menggunakan card tersebut dibandingkan dengan membeli tiket one way saya dan pertimbangan lagi nanti kita khan akan kembali masuk ke Hong Kong.
Dari Hung Horm MTR station itu dengan biaya 31.5 HKD karena kami menggunakan Octopus Card klo ngga harus bayar 46 HKD kita berangkat ke Lowu dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. Sampai di sana ikut arus saja dan selepas Imigrasi Hong Kong, kami naik 1 lantai ke atas untuk urus Imigrasi Shenzhen, sekitar 10 menit selesai sudah karena antrian saat itu tidak terlalu panjang, trus turun lagi dan antri sebentar di Imigrasi Shenzhen, tanpa masalah, dan akhirnya selepas imigrasi tersebut baru ada masalah besar…yaitu bahasa boooo

Dari sekian banyak orang yang di tanya letak lokasi Metro (subway) terdekat tidak ada yang mengerti, jadi berjalan kami tengok kanan – kiri hingga akhirnya kami menemukan information center yang letaknya pas di tengah – tengah arah keluar dari pintu Imigrasi tersebut namun jaraknya sudah cukup jauh rasanya tidak terlihat dari pintu keluar imigrasi tersebut. Setelah ditunjukkan kami sedikit mengerti ternyata lambangnya hampir sama dengan yang di Hong Kong hanya saja tambah 1 garis di tengah. Pintu masuknya 1 lantai ke bawah, sedangkan kereta kami 1 lantai lagi lebih ke bawah.

Yang sedikit repot ternyata untuk beli token / tiket masuk itu hanya bisa menggunakan uang kertas pecahan 5 dan 10 Yen, atau logam 1 dan 0.5 Yen saja, klo ngga ada harus tukar uang di Information Center yang memang menyiapkan untuk hal tersebut. Soal beli tokennya sich ngga masalah karena itu ada pilihan bahasanya English or Mandarin.
Hotel tempat kami menginap Grand Mercure Hotel ternyata persis di pintu keluar Zuzilin Station, dan sekitar hotel cukup banyak jajanan khas China seperti tahu, sosis dan lain – lain.

Malamnya sempat jalan – jalan ke sekitar pusat perbelanjaan di Hong Qiang Road dan beli tas Polo aspal mungkin yang cuma 99 Yen namun saya yakin kwalitas ngga beda jauh – jauh amat dengan yang original.

1 comment: